Cara Memindahkan Artikel Wordpress ke Blogger

Saat ini saya menggunakan dua platform CMS blog, yakni wordpress self hosting dan blogger atau blogspot. Perlu kita ketahui bahwa wordpress mempunyai dua layanan, yaitu wordpress versi gratis dengan fitur terbatas yang bisa kita akses di Wordpress.com dan versi full control yang bisa kita unduh melalui Wordpress.org.




Ceritanya saya menggunakan wordpress self hosting, saya menyewa hosting ketika hosting tersebut sedang mengadakan promo. Tanpa pikir panjang, saya langsung order hosting tersebut selama satu tahun. Dan setelah satu tahun berlalu, barulah ada tagihan normalnya yang menurut saya lumayan mahal dan menguras isi dompet. Akhirnya kepikiranlah untuk kembali lagi ke hosting gratis milik google, yakni blogger.com.





Karena artikel wp saya lumayan banyak, maka sangat sayang sekali jika blog tersebut kita tinggalkan begitu saja. Lebih baik dipindahkan saja artikelnya ke blogger. 





Memindahkan artikel?





Apakah harus copy paste satu-satu?





Tentu tidak, wp mempunyai fitur export konten ke dalam bentuk xml. Dan masalahnya kita tidak bisa serta merta langsung mengimport konten begitu saja ke platform blogger.





Berikut cara export konten wordpress ke blogspot:




  1. Export konten dari wordpress





  2. Konvert XML Worpdress to XML Blogger

    Berhubung struktrunya berbeda antara xml yang dihasilkan oleh wordpress dan xml blogger, makan kita perlu mengkovertnya. Gunakan tools wp-to-blogger. Upload file xml yang telah diexport tadi dan klik tombol konvert.

  3. Import Konten yang Telah dikonvert

    Masuk ke dashboard google, pilih menu setelan -> lainnya -> impor konten, lalu upload file xml yang sudah kita konvert lagi. Selesai. Konten dari wordpress kini sudah berpindah ke platform blogger